banner

Senin, 29 Desember 2014

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis, terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pk 17.00 maupun kendaraan pribadi. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini.

Pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan.
Pantai Parangtritis juga menawarkan kegembiraan bagi mereka yang berwisata bersama keluarga. Bermain layang-layang bersama si kecil juga tak kalah menyenangkan. Angin laut yang kencang sangat membantu membuat layang-layang terbang tinggi, bahkan bila Anda belum pernah bermain layang-layang sekalipun.






Undur-undur laut yang biasa digunakan untuk memancing ikan, di pantai ini dijual sebagai camilan dengan cara digoreng dengan tepung. Undur-undur goreng ini dipercara warga setempat dapat digunakan sebagai obat sakit diabetes (penyakit gula). Rasanya gurih seperti udang.

Peyek jingking terbuat dari tepung dan binatang sejenis anak kepiting pantai yang besarnya hanya seukuran kedelai hijau. Tepung dibuat adonan dan dicampur dengan jingking, kemudian digoreng. Peyek jingking hanya dijual di pantai Parangtritis dan yang menjual adaah pedagang asongan di kawasan pantai

0 komentar:

Posting Komentar

Pantai Delegan