banner

Selasa, 05 Januari 2016

Wisata pantai Boom Tuban

Wisata pantai Boom Tuban, Merupakan salah satu wisata pantai di kota Tuban. Kota tuban memang cukup memiliki garis geografis dengan bibir pantai yang lumayan luas.


Untuk menjangkau wisata pantai Boom Tuban, tak perlu bersusah payah mencari lokasi karena wisata pantai Bom Tuban terletak dipusat kota, tepatnya di sebelah utara alun-alun kota tuban [sebelah utara jalan] masuk gerbang Pos Polisi kurang lebih 100 M. 



Wisata ini bentuknya menjorok semacam tanjung atau semenanjung buatan sekitar 1 Km. Pantai bom tuban dulunya merupakan pelabuhan sandaran perahu saudagar untuk melakukan transaksi jual beli seperti rempah-rempah dan kebutuhan lain oleh pihak asing ke tanah jawa, pada zaman kerajaan majapahit. Selain itu pantai bom tuban juga digunakan transit para wali untuk menyebarkan agama islam di tanah jawa yang terbukti adanya makam wali allah yang bersamayam di kota tuban tepatnya di sebelah barat alun-alun tuban atau sebelah masjid agung tuban yakni wali allah Maulanan Makhdum Ibrahim atau yang sering disebut Sunan Bonang.


Di Gerbang utama masuk wisata tempat membeli karcis, terdapat karya arsitektur bentuknya relief tentara tar tar disebelah kiri gerbang dan relief ronggolawe disebelah kanan gerbang. Arsitektur relief tersebut menceritakan zaman dahulu ketika tentara tar-tar yang pernah mendarat di pantai tuban serta relief ronggolawe sendiri menceritakan sejarah tuban.


Wisata pantai Bom Tuban, menyuguhkan eksotisme pantai dengan jalan setapak sampai beberapa ratus meter sampai kebibir pantai. Bekas pelabuhan zaman dahulu yang unik ini telah dihiasi dengan gazebo-gazebo yang bisa digunakan tempat tempat berteduh sambil menikmati pantai. Didalam lokasi wisata juga terdapat rindangnya pohon hijau yang ditanam oleh pengelola wisata sehingga anda tidak perlu takut kepanasan meski berwisata disebuah pantai.


Didalam taman wisata pantai bom tuban pengunjung bisa melakukan jogging ataupun jalan santai. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati sunrise maupun sunset dibawah gazebo-gazebo yang berada dipinggir bibir pantai.
Pengunjung juga bisa memancing dipinggir pantai, buat yang hobi memancing.

Biaya masuk untuk masuk wisata pantai Bom Tuban terbilang cukup relatife murah karena dengan mengeluarkan uang 2.500/orang saja sudah bisa mendapatkan tiket untuk masuk menikmati wisata pantai Bom Tuban. 


0 komentar:

Posting Komentar

Pantai Delegan