banner

Sabtu, 17 Desember 2016

Pohon Rasamala



Penasaran dengan Pohon yang menurutku begitu eksotis diatas gunung Takuban Perahu, aku menanyakannya pada seorang penjual jajanan di sekitar kawah.  Ada yang mengatakan itu pohon artis karena cantik, kemudian ketemu lagi sama orang yang memberi informasi agak serius mengatakan itu namanya pohon Rasamala dan pucuk daunnya bisa dimakan untuk lalapan dan pohon ini hanya tumbuh di atas gunung ini saja. 


Setelah googling ternyata Pohon ini di Jawa hanya ditemukan di Jawa Barat, khususnya pada lokasi-lokasi dengan ketinggian antara 500 dan 1500 m di atas permukaan laut dengan topografi berbukit serta kondisi lembab.
Rasamala juga ditemukan di Sumatera, terutama di Bukit Barisan. Mereka tumbuh secara alami pada lokasi-lokasi lembab dengan curah hujan lebih dari 100 mm per bulan dan tanah vulkanik yang subur.


Rasamala banyak digunakan untuk reboisasi terutama di Jawa Barat. Biasanya ditanam pada jarak rapat, karena pohon muda cenderung bercabang jika mendapat banyak sinar matahari.

Kegunaan Pohon Rasamala

Rasamala menghasilkan kayu yang sangat awet bahkan meski disimpan langsung bersentuhan dengan tanah.  Ia juga memiliki bebas cabang yang tinggi, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan untuk kerangka jembatan, tiang, konstruksi serta bantalan penyangga rel kereta api.

Rasamala juga menghasilkan getah yang berbau harum.  Oleh karenanya kerap digunakan sebagai bahan campuran pengharum ruangan.

Penduduk Jawa Barat yang dikenal senang dengan lalapan juga mengkonsumsi daun rasamala yang masih muda dan berwarna merah. Daun Rasamala yang ditumbuk halus dapat digunakan sebagai obat batuk.

3 komentar:

calyssaearnhardt mengatakan...

Thaitanium Arts - Team Members - TITanium Arts
Thaitanium Arts, titanium gravel bike a company that develops and provides digital artworks 2019 ford fusion hybrid titanium to artists in titanium body armor multiple titanium mens ring genres. Learn titanium trim walmart more about Thaitanium Arts.

sleytey mengatakan...

h804o4iffmf927 dog dildo,dildos,realistic vibrators,dog dildo,japanese sex dolls,dog dildo,dildo,g-spot dildos,adult sex toys w065l8euady837

shousa mengatakan...

pv430 nfl shop,nfl shop,nfl shop,nfl shop,nfl shop,nfl shop,nfl shop,nfl shop,nfl shop kn117

Posting Komentar

Pantai Delegan