banner

Senin, 17 Agustus 2015

Wisata Tlogo Muncar Kaliurang – Taman Nasional Gunung Merapi



Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, Tlogo Muncar adalah sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 30 – 45 meter dan berada pada ketinggian 878 m di atas permukaan laut (dpl) dengan suhu antara 20-25 derajat Celsius. Sumber mata air terjun ini berada di lereng Bukit Plawangan. 

Dikenai retribusi 8.000 rupiah per orang untuk masuk objek wisata ini. Anda bisa melihat Air Terjun Tlogo Muncar, naik ke puncak Plawangan, menjelajah goa jepang, dan bukit Pronojiwo. 

Kawasan ini dulu juga terkenal dengan kolam mata air Tlogo Putri. Dari informasi yang kami dapat, Tlogo Putri ini sudah tidak beroperasi beberapa tahun belakangan. Ini dikarenakan debit air yang menurun dan air diutamakan untuk kebutuhan warga sehari-harinya. 

Selain menjelajah alam, di kawasan ini Anda juga bisa bersentuhan langsung dengan monyet-monyet penghuni kawasan ini. Kawasan hutan Kaliurang memang menjadi habitat bagi kawanan monyet berekor panjang. 

Monyet-monyet ini (seharusnya) mencari makan dari alam. Namun ternyata ada perubahan perilaku dari mereka. Dulu para monyet ini mencari makan dari alam, mengkonsumsi buah dan minum dari air alam (seperti hujan atau air terjun). Namun monyet-monyet ini sekarang lebih tertarik pada makanan yang dibawa oleh pengunjung dan kadang diberikan kepada monyet, termasuk juga memunguti sisa-sisa makanan yang dibuang pengunjung di tempat sampah. Kebiasaan pengunjung memberi makan, menjadikan mereka hanya belajar bergantung dari pengunjung dan kemampuan survivalnya akan hilang.


Kuliner yang jangan anda lewatkan ketika berwisata disini adalah jadah (terbuat dari beras ketan) dan tempe bacem.




0 komentar:

Posting Komentar

Pantai Delegan