banner

Senin, 05 Januari 2015

Desa Sade, Lombok Tengah

Berlibur ke Pulau Lombok, sempatkanlah mampir sejenak di Desa Sade yang berada di Lombok Tengah.  Desa wisata ini menawarkan pengalaman unik kepada wisatawan dengan melihat dari dekat kehidupan sehari - hari suku Sasak, suku asli yang mendiami Pulau Lombok.

Lokasinya juga tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok (BIL).  Anda hanya membutuhkan waktu 20-30 menit saja untuk mencapai Desa Sade dan merasakan denyut nadi suku Sasak di desa ini

Dusun ini masih mempertahankan adat suku Sasak. Sebagai desa wisata, Sade mempunyai keunikan tersendiri, meski terletak disamping jalan raya beraspal, penduduk desa tetap berpegang teguh menjaga keaslian desa. Bangunan rumah yang sangat tradisional, atapnya dari ijuk, dsb.Uniknya warga desa mempunyai kebiasaan khas, yaitu menggunakan kotoran kerbau untuk mengepel lantai.

Desa Sade memiliki luas lebih kurang 6 ha dan ditinggali oleh 152 kepala keluarga.  Hanya ada 152 rumah disana dan pemerintah daerah setempat bersama - sama dengan pemangku adat desa memang mempertahankan keaslian adat istiadat lokal di desa ini. Menurut peraturan desa, warga tidak boleh membangun pemukiman baru lagi di Desa Sade. 

Untuk berkeliling kita akan ditemani seorang pemandu (kebanyakan adalah pemuda desa setempat).  Setelah mengisi buku tamu dan memberikan sumbangan seikhlas hati untuk perawatan desa, kami pun mulai berkeliling.  Untaian kain berjajar rapi dan aneka cendramata khas Lombok ditawarkan hampir di setiap rumah yang ada di desa ini.  Beberapa motif yang sering menghiasi aksesoris tersebut biasanya berupa tokek, simbol keberuntungan menurut masyarakat setempat.

 





Disini, kita bisa mencoba mengoperasikan alat tenun sederhana.

0 komentar:

Posting Komentar

Pantai Delegan